Minggu, 15 Januari 2017

kucing susah pipis / buang air kecil (penyakit FLUTD/FUS) sembuh

heloooooww

aku mau share pengalaman kucingku yang kena FUS atau FLUTD (gabisa pipis) dan alhamdulillah bisa sembuh. kucing aku yang kena penyakit ini jantan, namanya endut. emang setelah dicari tentang penyakit ini kebanyakani nyerang kucing jantan dibanding betina. katanya bisa dari dry food (kandungan magnesium tinggi) atau stress juga.
 aku kira endut karena duaduanya, soalnya dia gapernah mau makan wet food, selalu dry food yang aku beli kiloan entah merek apa. dan dia juga kaya stress karena mau kawin tapi gadapet pasangannya *soktau*. kalau soal dia sering minum atau engga aku gatau karena dia kerumah cuma buat numpang makan tidur aja, sisanya main keluar jadi preman komplek.

pertama aku tau siendut ini sakit karena aku nemu ada yang pipis sembarangan di pojokan tapi warnanya merah darah gitu. karena kucing ku ada 4 jadi gatau siapa pelakunya . sampe akhirnya aku liat endut kaya suka nongrong mau pipis gitu tapi gakeluar. dia jadi berusaha pipis dimana aja tapi ga keluar apa-apa. aku kira emang gitu jadi ga kuanggap serius sampe akhirnya hari ke 2/3 gitu aku liat masih begitu juga. akhirnya aku mulai was-was dan browsing di google. liat cerita orang-orang yang kucingnya pernah ngalamin hal sama bikin aku drop. ada yang dipasang kateter sampe ada yang ga ketolong. duhh stress banget pokoknya, mau dibawa ke dokter juga takutt dikasih tindakan yang serius dan mikir biayanya juga kalo sampe di opname.  sampe akhirnya ada orang bilang kalau kucing susah pipis kasih keji beling atau makanan royal canin urinary aja. pertama aku cari ttentang keji beling ini, emang bener biasanya dipakai manusia untuk ngelancarin buang air kecil. aku lagsung beli keji beling ini ke apotik, murah kok ekitar 5000an kalo gasalah untuk beberapa kapsul *lupa*, langung aku campur air, masukin pipet dan kasih ke endut. susahhhh banget buat dia makan obat itu sampe akhirnya 2 hari gaada perubahan juga
akhirnya aku pilih option lainnya yaitu royak canin urinary. aku langsung searching tentang royal canin urinary ini, ternyata ada 2 : royal canin urinary S/O (untuk kucing yang sakit fus/flutd) dan urinary care (untuk menjaga aja, menghindarkan kucing dari penyakit FUS/FLUTD)

nahh dibawah ini royal canin urinary S/O (buat obatnya)

kalo dibawah ini gambar royal canin urinary care





akhirnya besoknya pulang kuliah aku langsung beli yang urinary S/O di petshop daerah juanda depok. harganya sekitar 280 ribu untuk 1.5 KG. walaupun harganya bikin enggap buat kantong mahasiswa tapi aku belain dari pada mikir dibawa kedokter yang biayanya bisa lebih dari itu *ps: btw kalo di tokopedia banyak yang harganya lebih murah sekitar 230ribuan* akhirnya aku beli itu dan langsung pulang. oiya kata mas-masnya juga royal canin urinary S/O ini cuma boleh dikonsumsi maksimal sebulan aja, sisanya bisa diselingin yang royal canin urinary care untuk mencegah penyakitnya datang lagi *otomatis makanannya juga musti diperhatiin yaaa jangan asal milih, pilih dry food yang kandungan magnesiumnya rendah*

nyampe rumah langsung aku kasih ini ke endut, dia makan lahapp sampe kucing yang lain mau ikutan makan jugaa, alhasil kalo ngasih makan endut royal canin ini musti di pisahan sama yang lain kalo ga keabisan....
tiap hari aku pantau terus kalo dia mau pipis, sampe akhirnya dia mulai bisa pipis lagi di hari ke-3 (kalo gasalah) walaupun masih dikit, pokoknyaa makanan ini ampuhhh banget deh sampe seminggu endut udah lancar lagi pipisnyaaa, dan alhamdulillah sampai detik ini dia gapernah susah lagi untuk ppipis. oiya aku kasih endut makanan ini sekitar 2 minggu lebih dikit karena makanannya langsung habissss lariss. sisanya aku kasih makanan yang urinary care, aku beli yang ukuran 400 gr untuk mastiin kalo endut bener-bener sembuh dan aku kasih ke kucing lainnya juga buat pencegahan.

 dan aku juga langung ganti makanan. udah kapok beli makanan asal-asalah buat kucing.
setelah searching tentang makanan kucing, aku nemu yang bagus dan affordable yaitu merek croc. memang merek ini kurang terkenal sih tapi croc ini kandungan magnesiumnya rendah dan bisa mnecegah fus/flutd.
ini dia penampakannya

walaupun aku pertamanya curiga karrena warnanya...tapi coba dulu aja deh yaa. harganya murah cuma sekitar 30ribu/kg nyaa. sebenernya sih kalo mau makanan dry food yang bagus bisa pilih royal canin..tapi harganya itu yaampunn :( bisa bisa tiap hari bawa bekel ke kuliah. karena respon kucingku ke makanan croc ini ga bangett *mereka ga suka kecuali kepaksa karena kelaperan baru dimakan* akhirnya aku akalin croc ini dicampur sama royal canin fit 32, baru mereka mau makan walaupun kadang dipilih pilih royal caninnya aja yang dimakan. tapi tiap seminggu sekali mereka aku kasih royal canin urinary care jjugaaa. dan sampai sekarang pun makanannya masih tetap gitu *kadang crocnya diganti whiskas juga atau maxi cat* tergantung isi dompet :(

yaaa jadi begitulah gimana endut bisa survive dari penyakit FUS/FLUTD
kalo ada info yang salah mungkin bisa dibernarkan dan kalo ada saran lainnya yukk saling berbagi bisa tulis di kolom komentar
terimakasihhh

183 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Kak kucing aku juga kena fus tp betina & lg menyusui. Apakah kucing menyusui boleh makan rc ini? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kucing saya juga sama kaya mba , gmn penanganany mba????

      Hapus
    2. Bagus pengalamannya akan sy coba Krn kasusnya sama lagian sy sdh konsultasi ke dokter 👍

      Hapus
    3. Kak kucingku skrg lagi kaya gini, menurut pengalaman kaka gimana bagusnya? Kucingku baru 2minggu yg lalu melahirkan

      Hapus
  3. Kucing aku kena urinary dua kali,dibawa ke domter abis satu juta kurang , dikasih royal canin cuman seminggu,pake kateter seminggu,pas kena urinary ke dua langsung kebiri aja,kata dokter ini kucing lebih ke stres pengen kawin,kucingku jga jantan.bner bner menguras kantong,sekrang aku pake wiskas lagi..lagi nyari produk yg rendah magnesium selain royal canin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Im organic , bagus ka katanya . Aku juga lagi cari" , ada yg bilang kalo abis pengobatan rc urinary bagus dikasih im organic kbm

      Hapus
    2. serius ? kucing saya juga kena lg, sebulan setelah sembuh dari fus. dibawa ke dokter ampir seminggu opname kena sejuta biaya :( skrg lg change makan nya balik lg ke urinary s/o

      Hapus
    3. Seabis di steril, kucingnya jd normal lg pipisnya?

      Hapus
    4. Kucing aku sudah disteril. Dia jantan, gendut & blm pernah kawin. Sebelum disteril ga ada masalah dg saluran kemihnya. Tp 1,5 thn setelah steril, dia mulai bermasalah dg saluran kemihnya.
      Urinary Care bagus unt pencegahan. Urinary S/O bagus unt pengobatan. Dua2 dah pernah aku coba dan hslnya memuaskan. Hanya saja harganya yg agak memberatkan.

      Hapus
    5. Mau nanya kalau kucing lagi susah pipis boleh gak di steril?

      Hapus
    6. gimana jawabannya kak? butuh jawaban ini tolongg

      Hapus
  4. Kalo lg menyusui gaboleh makan inj krn nanti anak kucingnya jd makan itu juga

    BalasHapus
  5. Mba pemberian urinary s/o itu apa dicampur dengan air?

    BalasHapus
  6. Dryfood crock beli dimn? sm spt pertanyaan mas agung, urinari s/o perlu dicampur air ga? tlg sgr jwb ya, mksh

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. Kalo royal canin emang manjur ko. Kucingku juga ngonsumsi dan sembuh, tapi anehnya tiap berhenti konsumsi kambuh, alhasil sampe sekarang makannya itu mulu, engap juga dikantong. Karna artikel ini aku baru mau coba croc, semoga ga kambuh 😌

      Hapus
    2. Kucing ku habis di oprasi dua bulan yg lalu karna g bisa pipis sekarang sama ga bisa pipis lagi dah 4 hari tolong ya selain ke dokter pake obat apa ya buat pertolongan pertama nya

      Hapus
  8. Kucingku juga lagi sakit gabisa pipis, dikasih makan urinary s/o kaya agak gasuka gitu (mungkin karena kebiasaan makan makanan yang lama) jadi harus dicampur wet food royal canin yang recovery:(

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Kucing saya jg begitu.. Kucing saya jk betina. Saya baru adopsi dia. Keesokan harinya ternyata dia menderita susah pip, dan sesekali pip keluar darah. Kadang lama bgt kalau dia udah diem dipasir, ternyata pas diliat ga ada yg keluar pip nya ������ saya lgsg cari di google dan dapat referensi obat dari RC urinary. Setelah itu saya lgsg ke pet utk beli RC urinary tp yang care bukan yg S/O (soalnya yg ada cuma yg care) ehehehe.. Alhamdulillah sekarang hari ke-5 pip nya mulai berangsur membaik tp belum sebanyak yg normal (tp seengganya sudah ada kemajuan).. Selain dikasih pakan RC urinary care, saya jg mengimbangi dengan pemberian air hangat sebagai minumnya.. Semoga pengalaman ini membantu yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba maaf, saya juga kucingnya lagi bermasalah dan saya kasih royal canin yg recovery, itu kira kira berapa kali sehari ya dikasihnya? Kucing saya muntah soalnya saya kasih itu

      Hapus
    2. Sama mbak saya baru tau sehari ini kucing saya susah pipis,itu pemberian makanannya RC di campur pake air atau itu aja di kasih mbak,makasih mbak, mohon d bks mbak

      Hapus
    3. Kucing saya susah pipis n bab tp juga g makan n minum

      Hapus
    4. Sebaiknya kalo kucing terkena fus, segera bawa ke drH utk memastikan seberapa parah fusnya, nanti drH akan kasih obat penghancur kristal yg membatu di saluran kemih si kucing & dibarengi dengan rc urinary s/o. Kucing saya kena fus tp bru mau mulai gitu. Penangannya saya langsung bawa ke drH. Setelah seminggu alhamdulillah kencingnya udh bagus lagi, anjuran drH utk makan rc urinary care selama 3 bulan. Sblm aku bawa ke drH aku beli rc urinary care, pas udh d drH, drH nya bilang fus gabisa disembuhkan dgn rc urinary care karna itu cman utk menjaga saluran kemih aja. Jdi bagi temen2 yg kucingnya udh fus, saya anjurkan utk ke drH terlebih dahulu utk melihat sbrp urgent keadaan kucing kalian. Kalo pun gamau ke drH belilah rc urinary s/o bukan yg care karena yg care gabisa nyembuhin.

      Hapus
  11. Klo kucingny udh kena FUS emng lebih baik di berikan pakan Urinary S/O.
    Kucing ak udh kena fus bahkan suka kambuh kambh. Dia tak kasih urinary s/o sdh 4bulan dksh itu alhmdlaahh sehat skrng tp sy mulai mix dengan rc kitten atau minino plus yg ad kandungan kdar ph kontrolnya... kalo mau di cmpur dengN yg murah spti maxi atau uni mending jgn kasian ntr ttp kambuh kmbuh lg karna maxi itu yg menyebabkan kambuhnya fus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kucingku baru bbrp hari pulang opname dr klinik di keteter karna fus.sekarang makannya pakai urinary so dan masih makan obat dr dokter untuk 10 hari kedepan.semoga gak kambuh lagi.kalau kambuh sedihnya aku..
      Biaya keteter dan opname selama hari dan obat untuk 10 hari setelah di rumah kena 850 rb, tambah makanannya urinary so 800 gr 181000 ya total sendiri lah,makannya berharap tidak kambuh lagi selama mengikuti anjuran dokter.

      Hapus
    2. Dikasih obatnya apa mba sm dokter kebetulan kucingku jg seperti itu .....dan 2 bln lalu dipasang kateter.....

      Hapus
  12. Mba mau tanya.. boleh minta kontaknya ga? Mau tanya2 nih.. kalo boleh balas via email ya ke rndzvs.2014@gmail.com

    BalasHapus
  13. problem kucing saya juga susah kencing, karna malas minum rupanya. saya akali dengan memberi makanan basah lalu dicampir air secukupnya, diaduk, letakkan di piring kecil yg pipih (jgn mangkok) agar bau ikan basahnya tercium.
    dengan sendirinya sikucing terpaksa minum airnya dulu sebelum memakan makanan basahnya tsb.

    BalasHapus
  14. Dryfood selain RC urnr s/o jgn dikasihin yg lain.. Kucing klo udah pernah sakit ga bisa pipis pasti kambuhan, maxi dilarang keras, dia bikin pipis mampet, saya pengalaman.. Recomand saya selain RC, equilibrio, atau proplan.. Itu saja..

    BalasHapus
  15. Tolong kasih tahu makanan kucing apa sj yg kandungan magnesiumnya tinggi.biar bs menghindari.mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg pasti yg murah2 yg tingkat proteinnya rendah macem Jio, felibite, universal, maxi (di bungkus maxi tertulis protein 30/32% tapi produsennya abalan, hati2), dan sebangsanya. Mending beli grainfree murah macem ishkan, tapi kucing emang kurang doyan

      Hapus
  16. Saat ini kondisi saya sama seperti yang kakak pernah alami . obat dan makanan pun sama dengan yang saya berikan . ini hari ke 2 tapi belum bisa pipis juga sama sekali . selain makan urinary saya tetap bantu dengan tetap memberikan obat keji beling .jika ada tambahan mohon saran nya . terimakasih

    BalasHapus
  17. Kucing saya ngga bisa pipis tapi di kasih urinary juga gamau malah muntah" . Ada solusi lain ngga temen" ? Selain di bawa ke dokter ,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasih raw food, ayam/daging (jgn ikan) fresh cuci kasih ke kucing, kalo gak doyan direbus, jangan dikasih bumbu, kalo masih gak doyan coba rc urinary yg wetfoodnya, kalo gak doyan jg kasih makanan grain free yg fokus ke flutd, bisa di googling

      Hapus
    2. racun nya udah menyebar itu mas

      Hapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Apa makanan maxi itu pengaruh penyebab dari penyakit susah pip???
    Soal'ya udah 1bln ini saya kasih maxi semenjak 1bln ini petshop ditempat saya ga ada yg jual equilibrio...

    BalasHapus
  20. Kasus dr kucing sy jg susah kencing bs kencing tp sedikit dan ada darah,utk obt keji beling itu apa ada di jual d setiap apotik?brp kali sehari klo ngasih pd kucing?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiap apotik ada kok. Hrganya 5rb, ngash kucingny dkit aja jgn smakan porsi manusia

      Hapus
    2. Tiap apotik ada kok. Hrganya 5rb, ngash kucingny dkit aja jgn smakan porsi manusia

      Hapus
  21. Kucing w juga kena kaya gini kencing y berdarah, mau d bawa k dokter biaya y terlalu mahal,,,,,,, kira" yg majur d kasih apa ya

    BalasHapus
  22. Kucing sy sdg mengalami flutd, udh dibawa ke drh,minum obat yg lumayan susah ngasih nya jg mkn RC urinary SO,yg bikin sy tercengang itu endut bs sembuh tanpa berobat ke klinik, pdhl kucing sy hrs disuntik 2x dn hrs minum obat smp seminggu, subhanallah bgt ya endut

    BalasHapus
  23. Ibu bapak, adek2 kalau kucing gak bisa pipis. Jangan buru2 di bawa ke dokter hewan.. Cek dulu kantung kemihnya di perut bawah. Kalau iya penuh cek tititnya apa ada gumpalan kotoran atau sperma kering. Bersihkan pakai tisu basah dan kering. Bantu pijit di daerah kantong kemih. Setelah keluar, kasih segera minum, karena kucing yang flutd, sudah lama tidak mau makan dan minum.cek terus sampai 5 hari sampai normal. Thanks

    BalasHapus
  24. Kalau kucing sakit susah pipis udh kita kasi makan urinary S/O
    Klau kucing nya sudah sembuh ap boleh kita kasi mkanan yg lain
    Ap diharuskan mkan urinary lgi

    BalasHapus
  25. Kalo kucingnya udah lemes gtu. Sedangkan kita harus nunggu jam praktek dokter esok hari. Bisa ga ya dia bertahan

    BalasHapus
  26. Klo meo persian apakah rendah magnesium jg seperti Rc?sebab sy kasihnya meo persian buat kucing2 sy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kucing saya 2 ekor jantan dan betina makan itu, yg jantan kena flutd.. sy langsung ganti makanan.. yg jantan ini sudah kedua kali kena.. bener2 harus dijaga makananannya... pertama nya dulu sempat dioperasi dan pakai kateter..

      Hapus
    2. Klo misal ny operasi biaya nya brapa ya klo boleh tau

      Hapus
    3. Pasang kateter sekitar 800rb an. Dipasang selama 1 minggu, minggu slnjutnya ke dokter kembali u lepas kateter.

      Hapus
    4. Kucing aku akut kena...pas kebiri kata dokter ntar d beri rc urinery aja...kmaren dokter yg rawat dia jelasin kl urinery tanpa d imbangin minum banyak yg ada malah jd membatu d kemihnya seperti kucing saya...biaya operasi total sampai selesai bisa 5jt lebih kmaren saya tanya...ini aja saya abis 5jt dia d opnam dan cek urin cek darah...kl ada donatur masih ringan ini jd pakai tab anak anak...kl sampai operasi saya dah ketakutan biaya dlan...andai ada bpjs hewan...hehehehe

      Hapus
  27. Klo meo persian apakah rendah magnesium jg seperti Rc?sebab sy kasihnya meo persian buat kucing2 sy.

    BalasHapus
  28. Kucing aku juga sama udah 2minggu gabisa pipis,kasian liatnya kalo pipis lama banget, sempet pipisnya keluar darah langsung buru2 bawa ke puskeswan trus disuruh kasih makan urinary S/O sama obat batugin tapi .sampai sekarang pipisnya masih ga lancar :"(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl susah minum jangan urinary kak...renal ato hills yg c/d...kebanyakan protein jg bisa menyubat...awas ntar takutnya jd parah seperti kucing saya...

      Hapus
  29. Kucing aku juga sama udah 2minggu gabisa pipis,kasian liatnya kalo pipis lama banget, sempet pipisnya keluar darah langsung buru2 bawa ke puskeswan trus disuruh kasih makan urinary S/O sama obat batugin tapi .sampai sekarang pipisnya masih ga lancar :"(

    BalasHapus
  30. Kucing saya oscar , sudah 3 hari flutd. Akhirnya di bawa ke dokter hewan katanya parah dan di beri kateter dan memakai infus sehari. Tp kucing saya ttp tidak mau makan atau minum susah, adakah solusi lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sembuh gk ka kucingny,,,abis bwa k dokter skrg?

      Hapus
    2. Kasih ayam KFC mas, Kucing saya juga ga makan gak minum dan gak obat setelah di Kateter,Maunya daging nya KFC sama Es Bubur Kacang Ijo,Itu kalo kucing saya

      Hapus
  31. Kucing sy hbs d cateter kemaren, tp kt dokter dilihat beberapa hr kedepan,kalo masih kesulitan pip lg hrs d cateter lg. Cm aku kasian kak kalo dia d catter lg, hrs pake colar jg yg buat dia gak nyaman pd proses d kasih cateter itu. Semisal kalo d kebiri gt apa bisa nyembuhin fus nya kak? Paling gak buat dia gak kena fus lg gt kak. Tolong saran nya

    BalasHapus
  32. Kucing saya jg kna bgtu🙁udh d bliin itu mlah gk mw mkn,,,mlh muntah2,bingung ih sedih😰😰

    BalasHapus
  33. Tolong kucing aku ngak bisa pipis udah 2 hari nggak mau makan tapi minum terus habis minum muntah gimana ya apa obatnya

    BalasHapus
  34. kucingku juga susah pip nya, kmrin di bawa ke klinik pet juga dsuruh makan royalcanin trus minum obt merk apa itu, abis dia makan itu pip nya emng lancar, abis makanan royal canin nya aku kasi makan universal lagi . eh 2 bulan kemudian dia sakit lagi, kasian liat dia aku ga punya uang lagi mau beliin dia royal canin 🙁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dia gabakal kambuh lagi kok kalau makanannya dijaga

      Hapus
  35. Kucing kku jga kena penyakit fus , tapi udha di beli kn urinary s/o tapi gk mau mkn jga .
    Ada yg tau gk solusi nya gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gampang, kalo pake yg dry food di rendam dulu pakai air hangat, setelah itu halusin. Suapin ke kucing pakai sringe (alat suntik). Nah cara nyuapinnya dari sebelah mulut, lebih lengkapnya bisa cek di yutup cara nyuapinnya. Semoga membantu kak :)

      Hapus
    2. Coba Dicampur sma wetfood hills yg c/d

      Hapus
  36. Sekedar info...ada pohon/rumput liar yg disukai sama kucing terutama akarnya...banyak yg bilang itu pohon cakar kucing atau bayam utan...tp ada juga yg bilang rumput anting-anting. Hampir semua kucing menyukai pohon itu terutama akarnya. Setelah sy searching ternyata phon itu mengandung serat yg tinggi sekali dan sangat membantu kucing untuk pencernaan...pup...dan pipis. Saya pernah ke dokter menanyakan prihal rumput tersebut ternyata memang benar bahwa pohon tersebut baik untuk kucing tp jangan lupa dicuci dulu akarnya sebelum diberi ke kucing kita krn khawatir ada cacing tanah yg ikut tertelan oleh kucing kita. Selamat mencoba semoga kucingnya cepat sembuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya Cantip mas, lebih populernya ganja nya kucing,bikin kucing banyak makan

      Hapus
  37. Kucingku kena fus sudah dikateter dan dilepas tapi malah tetep gabisa pipis . Masa harus di kateter lagi :( kasi saran dong

    BalasHapus
  38. Aduuh problem yg sama dgn kucing jantan sy ternyata ga bisa pipis sampai KAKI BELAKANGnya SEMPOR ga kuat duduk apalagi jalan. Awalnya sy periksakan ke dokter krn ga doyan makan ternyata kena radang, disuntik antibiotik radangnya sembuh tp 3 hari kmidian kaki mulai lemes jalan terseok2. Kmudian sy priksakan k dokter lg krn sakit kakinya itu tp blm ketemu pnyebabnya, pas dipriksa kantung kemih ga keras dan masih bisa pipis, plg dikasih vitamin neurobion digerus dicampur makan. 3 hari stlh minum vitamin ga ada perubahan dan mulai kelihatan susah pipis, dipriksakan lg k dokter, dicek kndung kemihnya udh keras, dan ketahuan klo dia kena FUS. Kmudian kucingku suntik dan dibawain obat, sm urinary SO. Skrg baru pagi hari prtama, mudah2an mau makan urinary nya, kalo sampai nanti siang ga bisa pipis jg, disuruh ke dokter lg utk dipasangi kateker. Mudah2an kucingku cepat sembuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending langsung pasang Kateter mbak,karena iya kalau benar makanan bisa membatu pipis ,kalau tidak nanti kasihan kucingnya,saran saya mending di obati sepenuhnya,pasang Kateter

      Hapus
    2. Menurut saya dokternya lelet.seharusnya dia langsung ambil tindakan pasang keteter tidak di kasih2 obat lg.Karna kalau kelamaan bisa mati kucingnya karna keracunan.

      Hapus
  39. Selain dinlasih makan royal canin s/o urinary apa lagi yang bisa kita lakuin kalo kucing susah kencing .....

    BalasHapus
  40. Jika kucing nya g mau mkan,minum bagaimana...

    BalasHapus
  41. Kucing juga sama😩 ini sudah kena yg kedua kalinya, sudah 3 hari ini g mau makan. Dan kantung kemihnya sudah keras jalannya juga sudah seok2. Semoga besok ke apotik ada keji beling nya... Makasih teman2 share nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bgs k drh aj, nnt sprti kjdian kucing saya. Krn daya tahan tubuh kucing berbeda2.

      Hapus
  42. Baru searching2, baca ini ud 2hr kucing saya g pipis, td pagi masih kuat dan saya ksh resep dr. Dan abz dzhur td rncna saya k drh Tp trnyta Allah SWT lbh syg ma dy.sdih x rsny ht saya...😭😭😭😭
    Smokey nmny usiany 3thn.😭😭😭😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. turut berduka mbak cika, FUP tidak boleh telat oenanganan mbak,karena apabila telat kecing darahnya menjadi racun yang menyerang organ lainya

      Hapus
  43. Oh yaampun ternyata bukan kucingku aja yg ngalamin ini,ini udah hari kedua dia kena fus. Ngga mau makan pula

    BalasHapus
  44. Oh yaampun ternyata bukan kucingku aja yg ngalamin ini,ini udah hari kedua dia kena fus. Ngga mau makan pula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak cepat bawa ke klinik,apabila parah seperti kucing saya,dalamnya kecing dan darah hitam,menyebar ke organ lainya,semoga cepat sembuh kucing nya

      Hapus
  45. Hallo.....
    Kucing saya bernama monyong,dulu tidak aengaja di jalan saya nemu kucing bayi di tabrak taxi di tengah jalan, terus saya pungut dan saya bawa ke ke klinik hewan yuppie di wonorejo IV surabaya, saya bicara ke dokternya dok apakah kucing ini bisa sembuh? dokternya hanya bilang kita sudah berusaha dan dia luka dalam,setelah itu saya bertanya biayanya kembali sang dokter bilang gratis sesama pecinta hewan saya hanya membantu,hati saya bu dokter ini sangat baik,saya bawa pulang di rumah dia saya taruj di kotak ,karena saat itu saya tidak punya kandang,hebatnya si konyong ini mempunyai semangat hidup yang kuat,setelah 3 hari dia keluar kotak dan minta makan,saya kaget dan senang,beranjak dewasa karena dia tidak pernah sekalipun keluar rumah selama 1.5 tahun,dia mencoba keluar dan pulang pulang dia seperti bucara kepada saya dengan tatapanya yg sedih,saya tidak menherti artinya itu selang 1 jam dia muntah2 kejang2 jam 11 malam sampai tidak sadar,saya bingung jam 11 malam tidak ada klinik ada teman memberi saya refrensi dokter 24jam di surabaya,dengan semangat saya bawa monyong perjalanan sekitar 3 jam, sampai di tempat klinik nya tutup juga,saya pasrah saat itu akhirnya saya bawa pulang dan ajaibnya pagi hari si monyong jilat muka saya,saya kaget dan senang untuk ke 2x monyong berjuang untuk hidup, nah minggu kemarin si monyong bolak balik mau kecing tidak bisa akhirnya saya bawa ke klinik Yuppie lagi dan ketemu dengan dokter yang 1 tahun lalu menolong monyong,dokter bilang ini terkena FUP harus pasang Kateter, dalam hati saya Waduh tanggal tua dan saya takut karena di sosmed biasanya untuk pengibatan FUP bisa sampai lebih 1 juta,dengan memberanikan diri bilang ok dok saya sanggup bayar,padahal dalam hati kecil saya uang dari mana saya bayar 1 juta lebih,hahahahh ,dokter bertanya apakah monyong pernah bertemu orang sebelumnya? jarang dokter kembali bicara pantea sangat galak melebihi anjing kalau betemu orang asing,akhirnya dibiuslah si monyong setelah pasang Kateter saya tanya administrasinya ternyata hanya 250rb, dalam hati saya untung saya bawa uang 300rb dokter bilang sebenarnya monyong ini sudah marah dan telat karena darahnya yang keluar sudah sangat hitam,karena tidak punya uang untuk beli RC yg khusus untuk pipis saya tidak membelinya,di apotik tebus obat 40rb pas uang saya di saku tinggal 10rb.....tapi saya semangat terus untuk monyong karena dia juga semangat untuk hidup,udah ke 3x monyong semangat ya.....sampai di rumah dia tidak mau makan dan tidak mau minum obat,saya sempat kjawatir karena semakin melemah,karena marah dan tidak mau makan,minum dan obat...saya buatkan bubur sun dia juga marah,maklum monyong meskipun kucing rumah tapi galak,selang 3 hari alangkah kagetnya aku itu Kateter malah di tarik samoe jebol lalu di buat main bola.saya marah dia diam saya teringat kalau dia suka KFC akhirnya saya coba pancing dengan KFC ternyata habis 2 ayam saya sangat senang dan bahagia dia bisa loncat loncat dan makan karena semangat untuk hidupnya sangat kuat,besok saya akan ke klinik Yuppie lagi dan pasti di marahin oleh dokternya ,karena dokternya menyuruh makan,minum dan obat, tapi dari awal monyong tidak bisa kemasukan 3 hal tadi titambah kateternya jebol,semoga sakitnya cepat sembuh untuk monyong, saya berterima kasih kpd dokter dokter yang di klinik Yuppie wonorejo ,terima kasih sudah membantu kucing saya


    NB : Jangan Beri Kucing Kalian Makanan Yang Jelek, Minimal MEO,Karena Monyong Juga Karena Makanan 10rb An,Sayangi Kucing Kalian Dengan Memberikan Makanan Yang Layak


    Salam Arie Dan Maya

    BalasHapus
  46. Kak kira kira yang di butuhkan selama pengobatan untuk royal canin nya brp gram Yah? Apa 100 gram cukup? Soalnya aku miris uang anak SMA hmm

    BalasHapus
  47. Kak untuk royal caninnya kira kira 100 gram cukup untuk penyembuhan ga? Soalnya uang aku miris hmmm anak SMA. Tolong jawab yah kak soalnya darurat kucing aku sakit dari kemarin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kucing saya 5 bulan kak tapi pipisnya kemarin berdarah dan sering pipis, tapi tadi pagi susah pipis

      Hapus
  48. kucing Q juga kena FUS..ini hari kedua saya kasih makan urinary care, belum yg s/o,,,karena dia masih isa pipis walo dikit dan pipis darah klo makanannya habis...mohon info lebih lanjut mengenai penyakit kucing satu ini...terimakasih

    BalasHapus
  49. Kak, kucing betina ku juga gitu , udah 3 hari pipis nya berdarah, tapi masih mau makan, lahap.. Minum juga masih mau..
    Aku baru coba kasih urinary s/o , biasa nya jangka waktu berapa lama ya sembuhnya? Mau dibawa kedokter tp katanya biayanya sampe 1jt.. Kalo pengobatan awal nya kita harus gmn ya? Tanpa ke dokter? Terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dietnya semacam apa mba??kucing saya suka susah pipis juga. Tp on off gitu kemarin sempet lemes sehari, tp besoknya fit lagi, tp msh susah pipis - cuman makannya tetep lahap. Saya coba kasih RC urinary S/O itu, tp ga suka doi, akhirnya saya campur yang urinary wetfood nya baru mau. Kucing saya biasa makan Bold, sempet saya ganti ke equilibrio, ga dimakan sama dia. Mslhnya kucing saya ini milih banget makanan.

      Hapus
  50. Kucing sy jg dh 2hr kena fus,hr nh mw di cateter,smga bjln lncar n bs smbuh.. Kucing sy td smpet muntah 3x wrna putih susu rada berbusa

    BalasHapus
  51. Kucing saya udah 4hari ini kena fus..
    2 hari yg lalu kucing saya di bawa ke dokter, di suntik & di kasih obat.. tapi smpai skrang masih susah kencing..
    Udah di kasih pakan urinary care, tapi masih bgtu aja.. tadinya saya mau bawa lagi ke dokter buat di kateter.. tapi gak tega klo di kateter.. solusi yg baik gmna ya ntycel ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngak ada solusi terbaik selain kateter kk,

      Hapus
    2. Pakai urinary s/o....urinary care untuk pncegahan..urinary s/o untuk pengobatan...kcing sy sembuh 0ke yg s/o

      Hapus
  52. Halo ka... kalau kejibelimg untuk kucing yg lahi hamil boleh ga yaa? Habis baca komentat2 ini betul memang gara2 aku coba kasih makann Maxi.. ya Allah meeasa beraalah.

    BalasHapus
  53. Kalo kucing nya gak sakit boleh gak dikasih royal canin urinary mohon pencerahan nya

    BalasHapus
  54. Kucing sy jg susah pipis, sy mau kasih rc urinary s/o, pemilik petshopnya bilang harus kateter dulu baru boleh dikasih urinary s/o, jd bingung sy, mohon penjelasannya

    BalasHapus
  55. Kucing saya jg seperti itu muntah"gk mau mkn tersedak"terus seperti orng menangis sudah 1 hari dia tidk mau kencing dan pup bingung saya mohon solusinya kak?

    BalasHapus
  56. Sebulan lalu kucing saya juga baru aja kena fus, awalnya gak bisa pipis trs lama lama pipisnya ada darahnya cuma netes netes. Pas waktu itu aku dah bener bener panik langsung tak bawa ke drh. Kata dokternya emng bener penyebab utamanya maxi dry food. Untungnya kucingku gak telat penanganan. Aku habis sekitar 600rban deh itu. Pas pengobatan di kasih urinary s/o alhamdulillah kucingku lahap makan sama sambil di spet minum trs.skrng aku dah gak berani kasih dry food selain rc urinary. Tapi kalo beli itu bisa bisa gak makan aku karena budget mahasiswa ya maklum lah kalo buat beli rc masih belum bisa. Kalo skrng sih aku kasih makannya rawfood ayam + tak tambahin air rebusan ayamnya. Alhamdulillah dia mau awalnya dia gak mau tuh makan ayam tapi lama lama mau. Skrng kalo pipis tuh banyak udah normal lagi. Kata dokternya harus tinggalkan itu maxi atau dry food lain selain rc urinary. Pakan yg bagus ya rawfood buatan sendiri. Semoga bisa membantu 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak, kucing aku br saja sering bolak balik ke wc nya.. Dan dia mmg konsumsi MAXI. Kalau boleh tau, brp lama setelah konsumsi maxi, kucing kakak bermasalah? Krn kucing saya makan ad campurannya. Jd sy blm bs pastikan jg krn maxi. Mohon infonya yah kak. Terima kasih

      Hapus
  57. Katanya paki daun kumis kucing d rebus dn d ambil airnya,
    Kasih k kucingnya pakai pipet makanya pki urinary s/o

    BalasHapus
  58. Kucingku saat nie dlm masa seperti pitaa hari ini niat membawa ke dokter tlg doain ya smw nya moga kucingku kitty bisa sembuh sprti pita... Sedih bgt lihatnya sampai ada benjolan kecil diperutnya.. 😭😭😭

    BalasHapus
  59. 1 bulan lalu kucingku jantan umur 5thn juga kena fus. Dikasih RC urinary masih gak sembuh2, sampe kencingnya keluar darah dan gak mau makan. Udah ada benjolan keras di bagian kandung kemihnya, Kencingnya jadi netes terus sampe bagian belakangnya basah karena air pipisnya. Bisanya cuma tiduran sudah tidak berdaya.😭
    Terus aku cari di gugel obat fus yang ampuh. Terus nemu obat kapsul kecil untuk panyakit fus berwarna hitam merah.
    Dan setelah dikasih obat tersebut kucingku sudah bisa kencing lagi dan kembali sehat 😊

    Buat yang kucingnya lagi kena fus, boleh dicoba pake cara tersebut.
    Mudah-mudahan manjur dan kucingnya lekas sembuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama obatnya apa? Kucingku juga lagi kena fus 3 harian ini. Mau ke dokter tapi gak kuat biayanya :"

      Hapus
    2. Apanya yang mau di contoh.nama obatnya aja gak tau.

      Hapus
  60. Meo nama kucingku, dua minggu yg lalu baru saja lepas kateter. Alhamdulillah makan minumnya sudah normal. Pup dan Pip juga sudah mulai normal di tempat semula di kamar mandi. Hanya saja saya masih sedih melihat kondisi jalannya yg goyah dan kepala yg selalu goyang2....kata dokter hewan Meo sdh kena sarafnya..Mudah-mudahan saya diberi kemudahan rejeki untuk mengobatinya.

    BalasHapus
  61. Hari ini liat ci moza pip nya darah panik...
    Padahal minum lancar tp sering minta pip

    BalasHapus
  62. Kucing ku nama nya Botri, dia juga susah pipis karena stress mau kawin. Kalo lagi di pasir lama bgt, pas ku liat pipis nya dikit trus pasirnya berdarah. Aku bawa ke klinik drh di daerah Pejaten yg sering di pakai para rescuer cat krn mungkin tarif nya murah ya, tapi buat ku klinik itu tdk recommended krn sebagian besar drh baru lulus aka blm pengalaman. Karena sehabis dipasang cateter disitu, Botri sdh boleh plg dan dikasih obat minum. Seminggu dirumah tdk ada perubahan, makan pun sedikit sekali. finally aku bawa ke klinik daerah Kemang Jakarta Selatan, drh disana bilang "kalo pakai cateter harus dirawat inap, ka. Krn tanggung jawab dr kan liat perkembangan setelah cateter dipasang tdk boleh dibawa plg kucingnya". Dirawat inaplah botri selama seminggu, pipis udh banyak, makan sdh mau, dan lepas cateter. Bisa dibawa plg ke rumah, 2 Minggu pasca rawat inap Botri masih lemah, dan gak tega aku liat nya. Namun, akhirnya Botri pergi ke surga setelah dlm hati aku bilang ke dia "kalo kamu gak kuat, gpp Botri pergi aja, aku ikhlas koq krn aku sayang sama Botri". Saat itu biaya yg di keluarkan sdh jutaan, tapi nama nya utk yg kita sayangi semua akan diusahakan. Maaf ya terlalu pabjang cerita, tapi saya hanya ingin share pengalaman yg sama walaupun endingnya sedih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang sabar.. tp kucing saya dah 3x di kateter. tp ga pernah di inap di klinik . abis kateter langsung pulang 5 hari balik lagi buka kateter. mungkin kmren telat di periksanya, sudah terlalu lama. . sekarang kucing saya di rumah lagi di kateter. mudah mudahan cepet sembuh.

      Hapus
    2. Selama di kateter kucingnya dikasih makan apa ya..? Kucingku lg di kateter,,baru 2 hari tapi selalu tiduran dan gak mau makan

      Hapus
  63. Mau tanya apa pnyakit fus/fltd ini kencingny berbusa?

    BalasHapus
  64. yang sabar.. tp kucing saya dah 3x di kateter. tp ga pernah di inap di klinik . abis kateter langsung pulang 5 hari balik lagi buka kateter. mungkin kmren telat di periksanya, sudah terlalu lama. . sekarang kucing saya di rumah lagi di kateter. mudah mudahan cepet sembuh..

    BalasHapus
  65. Kak, pemakaian kejibeling kapsul untuk kucing kira" dosisnya berapa ya kak?

    BalasHapus
  66. Kucing saya kena fus/flutd . kira2 udah 2 harian susah pipis . apa bener pake maxi bikin kucing fus/flutd ?soalnya saya pake maxi udah 3 taunan . baru kali ini kucing saya kena fus/flutd . lg di cobain pake RC urinary s/o . mudah mudahan pipisnya bisa lancar sembuh tanpa harus ke drh :(

    BalasHapus
  67. Bess kucing persia himalaya sy br kena FUS, sempet 2 hr ngga pipis krn pasirnya kering, tp msh mau makan, stlh 2 hr ga pipis matanya dah mulai turun dan maunya tidur mulu, sy bw ke pet shop dkt rmh perkiraan biaya rawat inap pasang kateter dan obat sebesar 1.8 juta, akhirnya sy bw ke My Vets BSD, hr ini br plg stlh 8 hr di rawat, daannnnn habis Rp. 3.025.000,- maunya lbh murah malah lbh mahal hick..tp sedihnya stlh 3 hr pasang kateter, 8 hr dirawat fan diksh RC Urinary S/O Bess ttp blm lancar pipisnya, sedihhh..mana sy gabisa ksh obat nya lg di rmh, smg ada jalan keluar buat Bess Aamiin..

    BalasHapus
  68. kumingku juga gitu, 5 hari ini dia susah PIP sama BAB tapi baru 3 hari ini aku belin RC S/O 400gr walaupun pipnya mulai dikit" alhamdulillah tidak pernah berdarah, selalu aku ajak main terus dia biar aktif, aku bikinin Raw Food sendiri dirumah, karena gejala awalnya itu diare trus cacingan dan akhirnya nggak bisa pip, sempet bingung karena 4 hari nggak bisa BAB akhirnya kemarin dia BAB setelah sekian lama semenjak diare engga sama sekali.. semoga kuming diberikesehatan amin ..

    BalasHapus
  69. Bagaimana kalo saya belikan royalcanin nya, tapi dia gak mau makan y? Soalnya dia juga agak muntah2 gitu 😭🙏
    Sy belom coba ganti pakan, krn dia gak mau makan...
    (Sy hanya kasih madu-telor-susu beruang-minyak ikan saja, tuk daya tahan tubuhnya)

    Mohon penjelasannya...

    *Susah pipis dan gak mau makan+muntah, usianya 2thnan kucing Persia/ras #jantan*

    BalasHapus
  70. Alhamdulillah kucing aku jojo udah sehat jadi waktu itu jojo susah pipis dan pipis nya dikit2 tp masih mau makan akhirnya aku beliin RC urinary SO yg dry sm yg wet aku mix jojo mau makan abis itu lancar lg pipisnya dan aku genti makanannya ke yg biasa ehh tapi seminggu kemudian sakitnya lebih parah pipisnya ga kluar sama sekali dan dia ga mau makan selang 2 hari pipisnya ada darahnya dan aku lgsg panik karna jojo jg ga mau makan sampe akhirnya aku suapin setiap pagi sm pulang kerja dan akhi jg beli sringe untuk nyuntikin air minum karna dia ga mau minum sama sekali, 2 hari masih ga lancar pipisnya aku beliin dia kejibeling di apotik dan lgsg lancar pipisnya banyak alhamdulillah sekarang jojo udh sembuh tp aku msih takut kasih makanan lain takut kumat lagi. Kira2 klo abis sembuh gini makanannya apa ya kalian ada yg tau ga? Soalny katanya RC urinary So cuma boleh 1bln konsumsi aku jd bingung 🥺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama aku jg mau nanya gini .. kalo sehabis di kateter dan skrg udh sembuh, harus di kasih mkn apa ya selain urinary so .. soalnya kucingku udh sangat bosan dan ga mau mkn urinary so'nya lg .. udh 4bln aku kasih so trs, skrg dia udh ga mau lg .. bingung aku tuh ..

      Hapus
    2. Pakai rawfood ayam kak, atau pake rc urinary care bisa. Kata drh dulu pakannya memang wajib yg ada tulisan urinarynya

      Hapus
    3. Kalo aku seminggu sekali aku kasih selingan rawfood ayam, tapi makannya tetep pakai rc urinary care bukan yg SO lagi

      Hapus
    4. Kak kasih nya berapa kapsul sehari kak?

      Hapus
    5. Mba dosis kejibelingnya sgmn? Boleh pake batugin ga, soalnya aku baca batugin jg isinya kejibeling. Kucing aku sampe skrg msh dirawat udah 7 hari..tp pipisnya msh blm lancar, pdhl udah dikateter

      Hapus
  71. halo saya juga punya masalah yg sama kucing jantan 2mgg lalu br abis di keteter di drh, dokter suruh kasih makan royal canin urinary juga gak boleh mkanan yg lain mslhnya si kucing gak mau makan dry royal canin urinary nya dia lebih rela puasa gak makan drpd makan itu terpaksa sy akalin makanan kering itu di haluskan n sy campurkan ke mknan basah baru dia mau makan apakah dengan cara seperti itu bisa membantu si kucing pis normal lagi ya karena td pagi dia pis banyak tp warnanya pink seperti ada darah..tolong info ya jika ada yg mengalami mslh yg sama makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di dibuat jadi wetfood terus suapin pake suntikan kecil tapi ga pake jarumnya kak

      Hapus
  72. Apa iya sindrom ini gak bisa sembuh total? Udah 5 kali pake kateter, udah tiap hari pake rc urinari tetep aja kambuh lagi

    BalasHapus
  73. Kucing aku juga sama, udah di bawa ke dokter akhirnya di pasang kateter. Dua hari di dokter terus dibawa pulang tapi kateternya belum di lepas. Pas sampe rumah kateternya lepas sendiri, kalau dibawa ke dokter lagi gak tega kalo harus dipasang kateter terus
    harus gimana dong ? :'( makanannya juga udah di ganti RC urine s/o

    BalasHapus
  74. Sy baru saja mengalami, kucing sy akhirnya meninggal, sedih bgt������. Dia terkena fus, sy rawst inap di phdb selama 2hari, setelah itu sy ambil dr rawat inap karna gak kuat biaya nya juga, lalu sy dibekali obat oleh dokter. Sampai dirumah sekitar jam 12siang, dia tak mau makan sm sekali rc urinary SO nya tp minum banyak lalu sy biarkan dia istirahat. Di sekitar jam 4 sore sy beri dia makan RC urinary tsb dgn di blender karna saran dokter seperti itu, setelah lumayan banyak makan, sy beri dia obat yg dibekali td dr dokter pdhb tsb. 5menit dr sy beri obat, kucing sy kejang kejang, lalu gak kuat terkujur lemas dan tak berdaya sm sekali. Sy menyesal seharusnya sy tdk lgsg mempercayakan ke org lain, sy tangani sendiri dulu sperti di blog ini.

    BalasHapus
  75. Kalaw kucing kita nggak mau makannya gimana solusinya itu bang??? Apa dipaksakan makannya??

    BalasHapus
  76. Kebetulan kucing jantan sy baru selesai pasang kateter hari ini. Sy diedukasi sama drhnya, penyebab fus itu:
    1. 85% dari stress birahi yg tak tersalurkan,sering berkelahi, box pasir jarang dibersihin (sehari pasir dibersihkan 2x dari pip dan pup, box pasir dicuci bersih dan diganti pasir baru 1x seminggu).
    2. 15% dari makanan yg tinggi magnesiumnya
    3. sisanya karena kurang minum

    Semoga bisa membantu, tolong temen² bantu do'a untuk kesembuhan kucing sy yang baru operasi pasang kateter dan lagi dirawat inap sampai 5 hari kedepan yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biaya kateter keseluruhannya brp kak?

      Hapus
    2. Kemarin aku habis 2jt an,itupun belum sembuh totalll

      Hapus
    3. Kalau aku kamaren habis 800 an total rawat inap 1 minggu dan itu bener bener udah fus parah jadi lama dikateter nya. Alhamdulillah dokter nya baik ngasih diskon + dikasih wet food kranjang kucing gratis...

      Hapus
    4. Aku abis 5jt lom sembuh total terapi d rmh lanjut obat 1 minggu sekali sampai batunya hilang...kl operasi kudu 5jt😭...kok itu mumet bgt seminggu 800rb🤦🏻

      Hapus
  77. Kucing saya juga lagi kena FUS. Udah di kasih rc urinary SO pertama doang di makan skrg udh ga mau makan lg. Harus di kateter ya?

    BalasHapus
  78. Buat pencegahan bisa pake batugin dengan kadar 1 ml saja selama 2x sehari bagi yang engap dengan biaya makanan urinary nya.

    BalasHapus
  79. Kak kucing aku habis di kateter, aku kasih makan urinery care malah merah gitu darahnya, aku harus ganti urinery so kah? Aku baru tau kalau keduanya beda :"(

    BalasHapus
    Balasan
    1. So untk yg sdng sakit dan hnya bisa di pakai 1 bulan, klo yg care yaa klo dlm keadaan sudah membaik dan seterusnya

      Hapus
  80. kucingq g mau pipis dan bab jg..bdnya dah lemas..diperut ada benjolan...kshan ni cb kasih royal candi tp susah mknnya...ksh solusi mau dibw kedokter lg g ada uang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus ke vet kak, itu takut ada pembengkakan antra di ginjal atau kantung kemih nya

      Hapus
  81. Untuk kejibeling pemberian dosisnya gmna?brpa kali sehari

    BalasHapus
  82. Untuk kejibeling pemberian dosisnya gmna?brpa kali sehari

    BalasHapus
  83. Terima kasih banyak atas sharingnya, ternyata lebih baik kita cegah dari awal ya. Kucing saya juga baru kena FLUTD. Dia harus dikateter karena sudah menyumbat dan pipis tidak keluar (terakhir keluar hanya bbrp tetes). Kencing yang keluar pasca dikateter ternyata benar ada semacam kristal/batu struvit berwarna putih.

    Saya bawa kucing ke Klinik Awal Care di Jatibening. Kucing kemudian kami tinggal untuk dirawat di sana dan rencananya selama 4 hari di Awal Care. Namun karena kucing saya tidak betah dan tidak mau makan selama di sana, akhirnya harus rawat jalan. Nah,selama mengurus kucing di rumah sangat tidak mudah. Kucing saya gak nyaman pakai collar sehingga harus dijaga terus agar kateternya tidak dia gigit. Akhirnya karena gak kuat melek, sekitar jam 3 pagi ketiduran bangun-bangun kateter sudah dibuka sama si kucing.

    Total biaya 1.300.000
    Rinciannya sbb:
    Pemasangan kateter = 500.000
    Infus set = 150.000
    Suntik analgesik = 30.000
    Jasa vet = 60.000 x 4 kali ketemu = 240.000
    Rawat inap = 50.000 (1 hr)
    Botol infus (ganti) = 30.000
    Collar = 70.000
    Obat antinyeri = 50.000 (14 btr)
    Suntik vitamin = 20.000 x 3 kali = 60.000
    Suntik antibiotik = 40.000 x 3 kali = 120.000

    (+) Namun belum biaya lain-lain berupa diet catfood khusus urinary baik selama pengobatan maupun hingga bbrp bulan ke depan. Sehingga baiknya daripada kucing telanjur sakit seperti kucing saya tadi, lebih baik kita cek ke vet sesekali / melakukan langkah pencegahan

    BalasHapus
  84. Kak mau tanya kucing aku hari ini abis di kateter, langsung aku bawa pulang urus dirumah aja. Td sempet sadar tp masih lemes bgt, berdiri pun jatuh skrg cuma bisa tiduran. Pasca pemasangan kateter gitu boleh ga kak di kasih minum? Apa perlu dikasih minumnya pake spuid/suntikan gtu ke mulutnya? Soalnya lemes bgt ga bisa ngapa2in buka matapun ga sanggup sepertinya tkt bgt dia makin lemes krn kehausan:(

    BalasHapus
  85. Mbak, saya mau nanya. Kasih RC urinary s/o nya pure rc aja atau boleh dicampur ama dry food lainnya? Soalnya kasian kucingnya dalam sehari cuma makan 50-60gr.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata dokternya kemarin, kan masih pengobatan,jadi makannya jangan dikasih yang lain2 dulu.termasuk cemilan.makannya hanya makanan pokoknya saja.urinary so.berapa gr sehari timbang aja kucingnya,liat aturNnya memurut berat badan kucing.

      Hapus
  86. Kucing saya kumat FUS lagi, baru aja lepas kateter. Trakhir kateter 2th lalu. Pasang kateter plus obat sktr 600rb an, tp hari ke 2 saya putuskan utk diopname di vet karena kadang mampet, jadi tiap hari ke vet utk di sedot air pipisnya. Alhamdulilah udah boleh bawa pulang. Tambah biaya inap, infus,dll sktr 250rb. Masih blum suka rc urinary dryfood jadi musti yg wetfood dulu smbari coba dihaluskan dryfoodnya. Pipisnya masih bolak balik ke litre box, sedikit sedikit tp mulai jernih gak keruh lagi. Pemberian rc urinary so harus minimal 3 bulan, sesudah itu urinary care, udh gak boleh dicampur lagi sama pakan lain, krn saya ksh makan urinary care campur pakan lain masih kumat aja tiap tahun. Info drh langganan saya utk urinary care bisa pake merk happy cat, kualitas nya bagus dan harganya stgh dari rc. Pemberian rc urinary mungkin bisa di ulang per 3/4 bulan sekali. Semoga kucingnya bisa sembuh semua yaaa ♡

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah, terimakasih info dan sarannya. Sangat membantu :)

      Hapus
  87. Kucingku punya gejala gitu tapi baru 2 bulan lebih dikit umurnya,rc urinary minimal buat brp bulan ya?

    BalasHapus
  88. Masih kecil soalnya, takut kenapa napa

    BalasHapus
  89. Itu kucingnya bisa pup ngga? Soalnya kucingku dari tadi bolak balik ke kamar mandi,cuman ngga keluar pup/pipisnya. Tadi dia pup tapi cuman dikit,kaya mencret gitu dan ada cacingnya. Terus dia pipis tapi cuman dikit. Barusan juga dia bolak balik ke kamar mandi lagi tapi ngga keluar apa apa. Kira kira kucingku kenapa yah? Dikasih obat/makanan/susu apa biar bisa normal lagi?

    BalasHapus
  90. Huhu, kucingku dia selalu mondar mandir cari tempat buat pipis, tp ga pernah keluar pipisnya, terus tiap dia tidur gitu keluar darah terus, jadinya tidurnya kek ga nyenyak, sebelumnya dia kaya keracunan gitu, tp racunnya berhasil diutahin, tp gatau apakah ada sisanya atau engga, ganafsu makan jugaa, sekali makan jarak 4 jam lgsg muntah, apakah ini kasusnya sama ? Mau ke dokter gada dana tp:(

    BalasHapus
  91. Kak,mau tanya.kalau kucing bermasalah dengan pipisnya di kasih nature bridge urinary sama setara dengan Royal Canin urinary S/O kan?tanya di pet shop di kasih nature bridge urinary.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku awalnya di petshop mau beli rc s/o tp disaraninya nature bridge akhirnya juga bisa pipis,setelah sebelumnya saya bawa ke klinik dan dsrh kasih nephrolit sama wetfood alhamdulillah bisa pipis tapi malah gantian gabisa pup akhirnya aku kasih akar daun anting² tp blm juga ada hasilnya tapi makan sama minumnya lahap saya cek bagian bawah perut juga masih normal gada yg keras hrs gimana ya?apa skrg kena megacolon?mhn pencerahanya :(

      Hapus
    2. Naturapa proplan kata dokter urinerynya lebih seperti herbal...kl cmn pencegahan ndak papa tp kl udah ada batu dan keras d kantung kemih pakai RC...hills...happy cat urinary...dg catatan kucing jg banyak minum...kl ndak bgt suka minum seperti kucing saya yg ada malah mengeras d kantung kemih nya tambah parah...jd kl yg ndak begitu suka minum pakai yg renal ato c/d itu lebih bagus...dan pastikan kucing kalian sehari minum minim 150ml...bantu dg pipet pastikan minum sebanyak itu..kebanyakan protein jg membentuk serat yg menyubat d saluran kencing jg...

      Hapus
  92. kak kucing saya jantan pipisnya awalnya ada darahnya. setelah 5 hari saya kasi rc rc urinary s/o pipisnya uda gak berdarah lagi tapi malah anunya yg berdarah terus. saya gatega liatnya, suka dijilat jilatin sama dia. apakah itu flutd juga? saya mau bawa ke vet cuman pas liat rincian biaya nya saya gasanggup. makanan yg bagus untuk obatnya apa yaa kira kira? mohon dijawab

    BalasHapus
  93. Coba cek kantung kemih nya membesar tdk...kl berdarah kata dokter kmaren itu akibat gesekan dr batu yg ada d ginjal and kantung kemih...kl kucing kurang suka minum aku saranin jg pakai urinary...tp renal ato c/d...dan kakak harus bantu kasih air minum minim 150ml...itu sehari...jgn langsung 150ml ya kak...bertahap dlm sehari

    BalasHapus
  94. Kak kucing aku juga kaya gitu susah kencing tapi ga keluar terus sering jilatin alat vitalnya kalau di kasih makan gitu aman gak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu udah tanda tanda nya, soalnt kmren kucing ak gtu juga seharian ga bisa pipiss sampe geletakan. Sangking ga tega nyaa di bwa ke petshop dan alhasil harus chateter dn harga pun lumayan...

      Btw klo boleh tau di kasih makanan apa ya? ?

      Hapus
  95. Kucing aku jga kmren FUS dn aku panikk g bisa mikir apa apa, soalny udh liat dia lemes gtu karna ga bisa pipiss, udah ngeden sana sini trs dia jilat jilat doang pas sore dia udh keliatan lemess bangtt. Alhasil di bwa ke petshop dn dia di pasang chateter ngeliatnya ga tegaaa gtu. Itu katanya karna dri makanan.. Sekrng lagi masa pemulihan masih makan urinary s trs cma bingung ini terua terusan makan ini apa bisa di mix makanan lain... Soalny kata dokternya hrus makan yang urinary s trs tpi kucing ku ga sukaaa... Sekrng jdi ga jarang makan 😭😭😭😭😭😭😭😭

    BalasHapus
  96. Tolong kak, kucingku kaya gitu juga pipis lama bgt ga keluar tapi blm sampe ada darah, aku uda beliin urinary s/o tapi dia ga mau akhirnya dikasih air anget sampe kaya bubur trus disuapin trus tidur. Tapi pas bangun dia muntahin itu gimana ya temen2 mohon sarannya :"(

    BalasHapus
  97. Hai aku jg mo berbagi saran.kucing ku seminggu yg lalu jg sperti itu aku smp ga tega smp mondar -2 dia ga bisa pipis.smp mama ku blng coba ksh kajibeling krn hr ke 3 br keluar darah netes.aku ksh kajih beling pagi cmpr air hangat.pkai pipet ksh kemulutnya.bsk nya keluar kencing coklat-2.mlm nya aku ksh antibiotik amoxilin sirup cair spy dia ga infeksi biar dia bs nafsu mkn.sm mkn nya aku ksh royal canin care.mmg smenjak aku ksh ganti mkn an yg murah bolt.smenjak ganti jd bermasalah kepencernaan pipis nya ga lancar.sblm nya aku ksh merk lain aku pesen lg kosong.skrng aku lbh ware .skrng aku kdng ksh kekucing ku mkn an ikan pagi.sm royal canin unary care spy dia ga bosen..minum aku bantu pkai pipet.biar dia bnyk minum.ksh vitamin imbost sehari 1 x 0.3 ml.skrng udh lancar kencing.mkn nya jg bgs.syukur dech ga smp kedokter. Note : lbh baik kita ksh mkn kucing mahal ga apa.dr pada yg murah.kasihan kucingnya jd kena ginjal n pencernaanya.krn berbahaya kandungan pengawetnya.

    BalasHapus
  98. Hari ini kucing saya kena FUS, padahal kemarin masih lari larian, mengeong terus ke kaki saya, tapi gak paham maksudnya apa, kirain ngajak main. Malamnya muntah2 dan paginya sudah lemas, saya bawa ke Vet perutnya keras alhasil urin langsung dikeluarkan, sayangnya racun sudah menyebar dan saya hanya bisa membawa pulang dan mencoba telaten suapi karena tiap disuapi langsung muntah dan gak tega lihatnya. Semoga kucing kesayangan kami mampu bertahan dan masih ingin bersama dengan kami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga dipasang kateter dan dirawatinapkan kak?
      Supaya bisa dipantau..
      Soalnya kan itu urin isinya zat2 beracun, kalau dibiarin terus pasti bakal jdi racun juga buat badanya

      Hapus
  99. Mau tanya, itu royal canin s/o takaran pemberiannya brp kali sehari dan brp sendok tiap ngasih makannya? Kucingku lg susah pipis nih, ada indikasi FLUTD tp masih doyan makan dan minum, masih ada kesempatan biat sembuh.. Bsk mau ak beliin royal canin s/o tp bingung takarannya seberapa? Semoga ada yg berkenan bantu jawab.. Terima kasiiih..

    BalasHapus
  100. si bogel 2 minggu ini susah pipis, pipisnya sembarangan tapi dikit2. 3 hari terakhir lemes. tadi pagi dan siang muntah darah. akhirnya sore ini kubawa ke dokter Krn udh ga tega dan firasat ga enak.

    kata dokter kena FUS. saluran pipisnya tersumbat, kelihatan dr anunya yg terus keluar dan ketika perut ditekan, tetep ga ada yg keluar padahal normalnya setidaknya agak basah. dokter bilang karena makan protein tinggi(?, sepertinya bukan proteinnya, tapi magnesium, tapi mungkin saya salah dengar, cmiiw) dan birahinya terhambat. setelah kupikir memang langka betina disekitar rumah, ada satu tp masih kitten jd tiap mau dianu suka balik nyakar. makannya juga pagi+malam ikan cue' setengah potong dr ibu yg terlalu sayang dia + dryfood BOLT, belom lagi kadang ada sisa ayam makanan orang rumah juga suka dikasih. baru tahu kalau bolt kurang bagus buat kucing, plus serumah suka ga tegaan kalo piring dia kosong jadilah ga terkontrol makanannya.
    dokter nyaranin pasang kateter 5 hr. udh takut dengernya, ngeri biaya gede. dokter jg nyaranin kalo bisa sekalian kasterisasi/castrate/steril supaya ga kambuh. keringet dingin lah saya yg cuma mahasiswa + adek yg cuma anak SMA. mau ga mau nelpon yg paling sayang bogel aka ibu. syukurlah ibu setuju banget sama semua saran dokter dan bersedia patungan nanggung sisa biaya sama aku dan adek.
    hrsnya abis operasi blh dibawa pulang, tapi Krn hrs dikandangin dan ga ada kandang dirumah, ibu nyaranin udh dirawat dokter aja, biar kalo ada apa2 gampang nanganinnya. nambah biaya lagi, tapi syukurnya ini ditanggung ibu lagi hehe.
    saya bersyukur banget dokternya langsung tindakan kateter bahkan steril, melihat ada banyak yg tertunda jadi parah atau lebih bengkak biayanya karena bolak balik ke dokter. meski ternyata ada jg steril yg kambuh, semoga bogel engga Krn saya berniat atur total makanannya

    daerah Bekasi timur. 2021.
    total biaya: 1.295.000*
    rincian biaya:
    35rb daftar
    60rb pemeriksaan/Konsul
    700rb kateter+kastrasi/steril :(
    30rb obat anti radang
    30rb obat pelancar urin
    90rb urinary s/o :(
    50rb obat bius
    300rb inap 5hr (60rb/hr) :(
    *masih kemungkinan nambah biaya soalnya kalo muntah bakal disuntik anti muntah :(

    TERIMAKASIH BANYAK BUAT PENULIS DAN YG KOMEN2 SHARING... post lama tapi GOLD banget. aku lagi nyari2 info penggantinya rc buat dikonsul ke dokter... kata dokter sih ga ada gantinya si rc s/o. yaaa mungkin bisa rc s/o di awal tapi engap juga kalo keterusan apalagi pakai urinary care rc setelah bogel sembuh. semoga dokternya ngebolehin merk lain yg lebih ramah dompet keluarga...

    KESIMPULAN yg aku ambil: ada bbrp merk urinary care yg lbh murah drpd rc, dan aku pilih happycat dan proplan utk dikonsul ke dokter. utk merk lain sprt croc, equilibrio, jio, nature bridge, aku agak ragu soalnya di olshop ga Nemu official store jd takut Abal, kalo di petshop pasti mahal, tapi coba dicek lg nanti deh. kalopun ga sanggup sama sekali beli urinary care food, mungkin saya bakal pake urinary care 3 Bulan sekali saja sisanya atur makanan. saran atur makanan adalah ganti jd rawfood atau ayam rebus. kemungkinan saya bakal atur makan ikan 1x saja antara pagi/malam. plus dikasih minum air 150ml/hari bertahap...

    maaf banget ya kepanjangan... sekali lagi terimakasih postingannya sangat membantu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pakai happy cat atlantiklachs salmon ka. Itu rekomendasi dr drh saya dulu. Katanya lebih bagus drpd yg minkas. Dan alhamdulillah anabul saya sudah hampir 1 thn setelah kateter tidak kambuh..

      Hapus
  101. Kucing saya juga baru hari ini dipasangin kateter, padahal kemarin masih normal, masih main, masih lahap makannya, tadi pagi tau2 dia ngeong2 kenceng banget kayak kesakitan, dikasih Makan juga nggak mau, dikasih minum juga nggak mau, akhirnya cepet cepet dibawa ke dokter, Ternyata kucing saya FLUTD, langsung dipasang kateter, dan masih diopname disana, doain ya semoga kucing saya bisa sembuh dan segera pulang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang gimana kondisinya kak ?
      Kucing saya masih lemah, skrg diinfus mungkin sudah keracunan, semoga kucing aku cepet pulih lagi

      Hapus
  102. Kucing q si copid jg g bisa pip,sempet kluar darah jg.skrg g mau makan minum jg susah.brarti it jg FLUTD y.makananny hrs ganti rc unitary s/o tp sy g ada uang, ad solusi lain g y kak.sy biasa kasi chat chois apakah makanan it jg g bagus y buat kucing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kucingku malah udh ngk pip sma skali sehari lngsung di kateter skrg lemes dan diinfus sma drhnya

      Hapus
  103. Balasan
    1. Gak ada biaya kak, udh ngikutin tmen2 kasi obat batugin ma raw food, udh 3 hr bsa pip dikit klo abis mnum obat ja, maem ny jg susah mpe q suapin pake spet.malah ni udh g mau makan, g bsa bangun jg 😭

      Hapus